Perbanyak sayur dan buah usai makan daging kambing


(Foto: thinkstock)
Makan daging kambing sepertinya sudah menjadi tradisi di Hari Raya Kurban. Tapi perlu diingat bahwa daging kambing yang tinggi lemak dapat menaikkan tekanan darah dan lemak tubuh. Untuk meminimalkan risiko tersebut, perbanyaklah makan sayur dan buah usai makan kambing.
“Daging kambing itu seratnya hampir sama dengan daging sapi yang nggakgampang dicerna dan mudah menempel di usus, jadi bisa bikin kanker usus,” ujar Dr Phaidon L Toruan, MM, dokter gizi dan pakar hidup sehat dari Jakarta Anti-aging & Executive Fitness Consultant, saat dihubungi, Rabu (17/11).
Untuk itu, menurut Dr Phaidon, konsumsi sayuran dan buah harus diperbanyak setelah makan daging kambing, agar ada serat sehat yang dapat membersihkan usus.
Dr Phaidon juga menjelaskan bahwa daging kambing termasuk daging dengan lemak tinggi yang dapat menaikkan tekanan darah dan lemak dalam tubuh, sehingga konsumsi sayur dan buah, seperti tomat, wortel atau kentang dapat mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.
“Untuk meminimalkan risiko daging kambing, juga perlu diperhatikan cara pengolahannya. Sebaiknya jangan digoreng, jangan digulai, bumbu jangan dicampur dengan gula atau vetsin. Dan untuk orang di atas usia 30 tahun sebaiknya pilih daging yang nggak banyak lemaknya,” jelas Dr Phaidon lebih lanjut.
Menurut Dr Phaidon, sebaiknya orang tidak makan lemak daging yang berwarna putih dari daging kambing. Dr Phaidon juga menyarankan daging kambing sebaiknya diolah menjadi sup atau sate saja.
Jika 100 gram daging kambing dijadikan gulai dapat menghasilkan kalori sebesar 125 kalori, sedangkan jika diolah menjadi sop kambing akan menghasilkan kalori sebesar 35 kalori, karena orang tidak hanya makan dagingnya saja tapi juga beserta kuah sop dan sayuran di dalamnya.
“Sebaiknya penderita darah tinggi tidak usahlah makan daging kambing. Bagi pecinta daging kambing juga jangan lupa untuk mengonsumsi sayuran dan berolahraga setelah makan untuk mengurangi jumlah kalori dan lemak yang masuk ke dalam tubuh,” tutup Dr Phaidon.
dtc/tiw
Sumber : http://www.solopos.com/2010/lifestyle/kesehatan/perbanyak-sayur-dan-buah-usai-makan-daging-kambing-74146

Add to Delicious Digg It!
I Like It! Tweet It!
Add to Technorati Add to Facebook!

2 komentar:

sibutiz mengatakan...

nice post...
like it...

RAJA FRESH mengatakan...

jangan sering2 makan daging kambing kali ya

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Entri Populer

Pengikut

LINK EXCHANGE

blognewspepa.blogspot.com

Tukeran Link Yuk...!
Silahkan copy kode di atas...!
Saya akan segera link balik...!

Label