Konsulat Amerika Pantau Aktivitas Gunung Bromo

foto
Probolinggo - Sejumlah konsulat negara asing terus memantau situasi dan perkembangan terakhir berkaitan dengan status awas Gunung Bromo.  

Konsulat Amerika misalnya, menanyakan kondisi Gunung Bromo ini. Petugas Pengamat Gunung Api Gunung Bromo Mochamad Syafii mengatakan, konsulat Amerika menanyakan kondisi terakhir Gunung Bromo melalui sambungan telepon di Pos PGA Gunung Bromo. 

Konsulat Amerika menanyakan kondisi Gunung Bromo diperkirakan untuk diinformasikan kepada warga negara Amerika yang ingin pelesir ke gunung itu. “Mungkin seperti itu. Gunung Bromo itu merupakan obyek wisata bertaraf internasional. Jadi wajar kalau banyak wisatawan mancanegara ingin pelesir ke sini,” kata Syafii.

Dia menambahkan, kemarin juga ada warga asing menghubungi Pos PGA Gunung Bromo untuk menanyakan bahaya tidaknya Gunung Bromo untuk dikunjungi. “Saya tidak tahu dari konsulat mana, tetapi dia berbahasa Inggris,” katanya. 

Kepada konsulat asing yang menanyakan bahaya tidaknya Gunung Bromo untuk dikunjungi, Syafii mengatakan, jika mematuhi rambu-rambu yang ditentukan saat ini, maka pengunjung Bromo akan aman. “Sepanjang mematuhi rambu-rambu yang berlaku, tidak akan membahayakan,” kata Syafii. 

Dia juga mengatakan kalau status Gunung Bromo saat ini pada level awas. “Radius tiga kilometer dari bibir kawah harus steril dari aktivitas manusia” kata Syafii. Karena itu, dia tetap menghimbau sesuai dengan rekomendasi Badan Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (BPVMG) agar pengunjung Bromo tidak memasuki kawasan lautan pasir. 

DAVID PRIYASIDHARTA


Sumber : http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa_lainnya/2010/11/24/brk,20101124-294020,id.html

Add to Delicious Digg It!
I Like It! Tweet It!
Add to Technorati Add to Facebook!

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Entri Populer

Pengikut

LINK EXCHANGE

blognewspepa.blogspot.com

Tukeran Link Yuk...!
Silahkan copy kode di atas...!
Saya akan segera link balik...!

Label