Menakjubkan, Gunung Berapi Lempar Batu 1.000 Ton


Headline
Menjulang di atas lanskap yang mengelilinginya, batu besar ini tampak mengagumkan. Batu dengan berat 1.000 ton aneh itu terlempar akibat letusan gunung berapi Eyjafjallajokull.
Batu raksasa setinggi 50 kaki itu terlepas akibat es di gletser yang meleleh karena panas yang dihasilkan letusan gunung berapi. Gletser yang mencair itu menyebabkan banjir air yang menyapu batu dan terlepas dari gunung itu.
Awan abu termuntahkan dari celah di gunung berapi sehingga menyebabkan kekacauan penerbangan di seluruh Eropa dan banyak wisatawan ayng terlantar.
Fotografer Islandia Ragnar Sigurdsson menghabiskan waktu satu minggu untuk menampilkan gambar dramatis saat gunung api itu meletus dan menciptakan kawah yang menggelegar.
Beberapa gambar menunjukkan badai petir di langit yang gelap akiabt uap air dari gletser di dekat gunung berapi itu melepaskan energi sehingga menciptakan awan abu sangat panas.
Sigurdsson juga mengabadikan lebih dari 10 ribu gambar gunung api yang sedang dalam kondisi diselimuti lahar panas merah dalam tiga buku yang berjudul Untamed Nature.
Pria berusia 52 tahun itu memilih untuk terbang ke pusat kerusakan dalam misi pencatan murka gunung api spektakuler yang termasuk dalam fenomena alam paling mematikan. Ia pergi bersama geolog sekaligus salah satu penulis buku itu, Ari Trausti Gudmundsson.
Perjalanan Islandia itu mampu merekam gambar spektakuler dan unik dari letusan Islandia dalam skala global.
“Setelah semua bandara tidak dapat digunakan, saya tahu bahwa ini merupakan peristiwa utama yang berdampak secara signifikan di seluruh dunia, kata Ragnar tegas, seperti dikutip dari Daily Mail.
Sumber  : http://teknologi.inilah.com/read/detail/1012052/menakjubkan-gunung-berapi-lempar-batu-1000-ton

Add to Delicious Digg It!
I Like It! Tweet It!
Add to Technorati Add to Facebook!

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Entri Populer

Pengikut

LINK EXCHANGE

blognewspepa.blogspot.com

Tukeran Link Yuk...!
Silahkan copy kode di atas...!
Saya akan segera link balik...!

Label