Terungkap, Mengapa Gigitan Hiu Putih Dahsyat


Headline
Gigi hiu putih merupakan simbol dari keganasan predator itu. Studi baru berhasil mengungkap rahasia dari gigitan hiu putih itu.
Ternyata, susunan otot-otot rahang hiu ini memungkinkannya menjaga kekuatan gigitannya tanpa perlu mempedulikan seberapa lebar mulutnya terbuka. Studi ini juga menunjukkan bahwa hiu dewasa sangat diuntungkan oleh daya gigit penuh ini.
Meski hiu putih remaja memiliki kekuatan untuk mengunyah makanan seukuran manusia dewasa, rahang mereka tak akan tahan terhadap tekanan yang dihasilkan.
“Susunan unik otot rahang hiu ini menimbulkan banyak pertanyaan tentang perilaku makan spesies hiu lain dan bagaimana mereka merevolusi sebagai strategi keberhasilan perilaku makan mereka,” kata pemimpin studi dan mahasiswa doktoral University of New South Wales Australia Toni Ferrara.
Ahli biologi meneliti gigi hiu itu untuk mengetahui jenis makanannya. “Hiu putih memiliki gigi besar berbentuk segitiga yang berperan seperti gergaji,” kata Ferrara. Peneliti menggunakan simulasi komputer guna meneliti perilaku makan hiu ini.
Para ilmuwan menemukan, otot ikan hiu dipisahkan menjadi tendon bagian atas dan bawah. Hal ini seperti saat Anda sedang mendorong lemari es di lantai. Anda akan mendapat tenaga dorong paling kuat jika lengan Anda tegak lurus dengan lemari es.
Seperti dikutip dari Yahoo News, temuan ini diterbitkan dalam Journal of Biomekanik.[ito]
Sumber : http://teknologi.inilah.com/read/detail/1027062/terungkap-mengapa-gigitan-hiu-putih-dahsyat

Add to Delicious Digg It!
I Like It! Tweet It!
Add to Technorati Add to Facebook!

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Entri Populer

Pengikut

LINK EXCHANGE

blognewspepa.blogspot.com

Tukeran Link Yuk...!
Silahkan copy kode di atas...!
Saya akan segera link balik...!

Label