Korban Tewas Festival Air Kamboja Capai 378 Orang


Jumlah korban tewas di Festival Air, Kamboja, kian bertambah. Hingga saat ini korban tewas tercatat mencapai 378 orang. Pemerintah setempat memperkirakan jumlah korban tewas dan luka akan terus bertambah.

"Jumlah itu masih akan terus bertambah," kata juru bicara pemerintahan, Phay Siphan, seperti dilansir Channel News Asia dari AFP, Selasa (23/11/2010) malam.

Selain korban tewas, tercatat sebanyak 750 orang mengalami luka-luka.

Seorang korban selamat menceritakan peritiwa panik dan mengerikan saat berada di jembatan sempit tempat festival berlangsung. Dia menyaksikan bagaimana nasib orang-orang yang terinjak penonton lainnya, dan sebagian lagi memilih terjun dari jembatan.

"Kami sedang melakukan pencarian di sekitar jembatan dalam kasus ada mayat di air," imbuh Siphan.

Pemerintah setempat menyatakan penyebab kematian para korban rata-rata disebabkan oleh mati lemas dan luka dalam. Diperkirakan sekitar dua pertiga dari yang tewas adalah perempuan.

Ratusan warga berkumpul di luar area Rumah Sakit Calmette untuk memastikan korban tewas adalah keluarganya. Deretan mayat diletakkan di bawah tenda putih yang didirikan di atas area parkir rumah sakit. 

"Sepertinya mereka meninggal karena kekurangan oksigen," kata dokter, yang tidak mau disebutkan namanya.

Dalam festival serupa yang digelar tahun 2007 sebanyak 22 orang Warga Singapura tewas setelah perahu naga yang ditumpangi terbalik saat hendak menuju pulau tempat digelarnya festival.

Peristiwa mengenaskan ini terjadi di jembatan yang menghubungkan Kota Phnom Penh dengan sebuah pulau. Saat itu, jutaan orang memadati jembatan untuk menyaksikan final acara Festival Air yang digelar tiap tahun.

Festival tersebut digelar tiga hari. Warga Kamboja berantusias untuk menyaksikan festival sebagai tanda berakhirnya musim hujan. Selain itu, ada juga adu balap kapal tradisional yang digelar di Sungai Tonle Sap.

(ahy/nwk)


Sumber : http://www.detiknews.com/read/2010/11/24/023237/1500828/10/korban-tewas-festival-air-kamboja-capai-378-orang

Add to Delicious Digg It!
I Like It! Tweet It!
Add to Technorati Add to Facebook!

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Entri Populer

Pengikut

LINK EXCHANGE

blognewspepa.blogspot.com

Tukeran Link Yuk...!
Silahkan copy kode di atas...!
Saya akan segera link balik...!

Label