371 Kursi CPNS Pemprov Jambi Diperebutkan 7.000 Pelamar

371 Kursi CPNS Pemprov Jambi Diperebutkan 7.000 Pelamar

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jambi pun tidak menutup telinga dan mata terkait isu praktik percaloan dan perjokian seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Parlemen siap mengawasi dan menyeret mereka yang meloloskan pelamar dengan cara- cara curang.

"Sanksi untuk mereka adalah hukuman kurungan. Maka dari itu kami selalu melakukan pengawasan," kata Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jambi, Supriyono.

Dikatakan dia, dewan melakukan pengawasan dari awal pendaftaran, proses seleksi sampai dengan pengumuman. Jika ada keluarga atau anak pejabat yang menjadi 'titipan', maka dewan segera mengambil langkah tegas.

"Kemarin kami telah memanggil BKD (Badan Kepegawaian Daerah). Nanti apabila ada masalah, kami akan panggil BKD lagi," ujarnya.

Sementara mengenai bentuk pengawasan dari anggota dewan dalam seleksi CPNS ini seperti apa, Supriyono tidak bisa menjelaskan. Dirinya hanya mengatakan kalau sebisa mungkin 'titipan-titipan' seperti itu dihilangkan, pengawasan dilakukan supaya penerimaan murni melewati seleksi.

"Penerimaan lewat calo-calo itu kan seperti nembak dari atas kuda. Tidak jelas," tambah Supriyono.

Sampai saat ini di Provinsi Jambi, politisi Partai Amanat Nasional ini menyebutkan belum menemukan adanya praktik percaloan atau 'titipan' anak pejabat.

Berbeda dengan Ketua DPRD Kerinci, Liberty yang yakin seleksi CPNS berlangsung fair sehingga lebih murni hasilnya. Saya sangat optimis pelaksanaan tes CPNS tahun ini bisa lebih murni. Apalagi untuk tahun ini hasil tes CPNS tersebut dikoreksi oleh UI dan UGM, sehingga hasilnya pun tidak perlu diragukan lagi,” sebutnya.

Selain itu, saat pelaksanaannya sendiri, pengawasan juga akan diperketat, dengan ditugaskannya beberapa orang pengawas. Kecil sekali kemungkinan ada rekayasa untuk memuluskan seseorang menjadi PNS,” tegasnya.

Sementara itu sekretaris BKD Provinsi Jambi, Emi Suharti ketika dikonfirmasi mengenai pengawasan seperti apa yang dilakukan pemerintah terkait dugaan praktik calo dan joki, dia menyatakan dilakukan secara normatif. Sebab, kata dia, seleksi sudah dilakukan sesuai aturan jadi tidak ada 'titip-titipan'.

"Untuk pengawasan joki saat tes seleksi, nanti ada tim pengawas. Bagi yang ketahuan akan ditindak," ujarnya.

Saat ini, sebutnya, berkas yang masuk ke BKD sudah ribuan. Jumlah tersebut akan terus bertambah sampai dengan hari terakhir pendaftaran. "Kemungkinan nanti sampai sekitar 7.000 ribu pelamar, soalnya tahun kemarin jumlahnya kisarannya itu," kata Emi.

Berkas CPNS yang sudah masuk langsung divalidasi. Ada 371 kursi yang disediakan di lingkungan Pemprov Jambi. (sud/eja/ang)


Editor: Tjatur

SUMBER : http://www.tribunnews.com/2010/11/22/371-kursi-cpns-pemprov-jambi-diperebutkan-7.000-pelamar

Add to Delicious Digg It!
I Like It! Tweet It!
Add to Technorati Add to Facebook!

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Entri Populer

Pengikut

LINK EXCHANGE

blognewspepa.blogspot.com

Tukeran Link Yuk...!
Silahkan copy kode di atas...!
Saya akan segera link balik...!

Label