PENERIMAAN CPNS Calo Mulai Berkeliaran

Jumat, 29 Oktober 2010

Masyarakat Antikorupsi Indonesia (Maki) mengindikasi adanya calo yang mulai bergentanyangan menjelang pelaksanaan seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2010 di Provinsi Jawa Tengah.

Koordinator Maki Boyamin Saiman mengatakan, di sejumlah daerah beredar tentang harga formasi yang telah dipatok oleh oknum yang mengaku bisa memasukkan seseorang menjadi CPNS. "Padahal, proses seleksi calon pegawai negeri ini belum ada kepastian pelaksanaannya," katanya.

Dari informasi yang diperoleh Boyamin, harga yang dipatok calo kepada calon pegawai negeri ini berkisar Rp 130 juta-Rp 150 juta per formasi. "Untuk lulusan D-3 dipatok sekitar Rp 130 juta, sedangkan lulusan S-1 sekitar Rp 150 juta," katanya.

Selain itu, menurut dia, para calo itu juga menjanjikan sejumlah formasi yang dapat dipilih, seperti tenaga kependidikan, kesehatan, bahkan memilih tempat penugasan. Ia menilai, keberadaan praktik jual beli lowongan calon pegawai negeri ini tidak lepas dari permainan para pemegang kebijakan di pemerintahan.

Ia juga mengungkapkan, pelaksanaan seleksi calon pegawai negeri di tingkat kabupaten/kota selama ini juga rawan dengan praktik penyimpangan.

Oleh karena itu, ia mendukung langkah Gubernur Jawa Tengah yang meminta pelaksanaan seleksi calon pegawai negeri dikoordinasikan oleh pemerintah provinsi. Menurut dia, hal itu untuk memperkecil risiko kecurangan. Adapun daerah yang menolak rencana tersebut berarti membangkang terhadap kebijakan pemerintah pusat.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo mengatakan, sejumlah kabupaten/ kota di provinsi itu ingin menyelenggarakan seleksi calon pegawai negeri sipil pada 2010 secara mandiri. "Ada sekitar empat daerah yang mengajukan penyelenggaraan seleksi CPNS secara mandiri," katanya. (Wahyudi HR) (http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=265035)

Add to Delicious Digg It!
I Like It! Tweet It!
Add to Technorati Add to Facebook!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Entri Populer

Pengikut

LINK EXCHANGE

blognewspepa.blogspot.com

Tukeran Link Yuk...!
Silahkan copy kode di atas...!
Saya akan segera link balik...!

Label