Banjir Jakarta, Dewan Ancam Interpelasi

Sejumlah kendaraan bermotor melewati banjir di kawasan Jalan Thamrin, Jakarta Senin (25/10) Hujan yang menguyur Jakarta menyebabkan beberapa ruas jalan ibu kota tergenang air.

Banjir yang sempat melumpuhkan sebagian aktivitas warga Jakarta menuai reaksi dari sejumlah anggota dewan. Mereka mendesak Gubernur DKI Jakarta segera mempercepat pelaksanaan rencana induk penanggulangan banjir. Bahkan mengancam akan membawa ke forum interpelasi.
"Persoalan ini harus menjadi catatan serius bagi Gubernur. Jika kondisi ini terus berulang bisa saja dibawa ke forum interpelasi,” ujar Wakil Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta, Sayogo Hendrosubroto ketika dihubungi (27/10).
Menurut Sayogo, pemerintah DKI Jakarta sedianya telah memeliki rencana induk penanganan banjir seperti proyek pembangunan waduk, polder air, kanjir kanal dan pengerukan kali. Namun ia mengakui bahwa proyek tersebut acapkali terbentur masalah pendanaan.
“Keterbatasan anggaran ini bisa saja diatasi jika Satuan Kerja Perangkat Daerah yang lain mau berjiwa besar untuk mengalokasikan anggarannya kepada pembangunan infrastuktur penanggulangan banjir. Masalahanya pemerintah harus bisa menyakinkan itu kepada kami,” ujarnya.
Namun tidak semua anggota dewan memiliki pandangan untuk menyelesaikan masalah ini melalui forum interpelasi. Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Slamet Nurdin merupakan satu diantaranya. “Bukan waktunya menyelesaikan masalah ini melalui jalur politis,” ujarnya.
Menurut Nurdin, pengawasan terhadap kinerja aparatur pemerintah cukup dilakukan dengan menggelar rapat kerja dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan, Dinas Pertamanan, Satpol PP. “Mereka harus saling berkoordinasi,” ujarnya.
Seluruh SKPD tersebut ia minta untuk terus memantau keadaan dan mengambil tindakan sigap untuk menghindari kondisi yang mengkhawatirkan. “Satuan kerja yang berada di bawah Satkorlak mesti disiagakan 24 jam,” ujarnya.

RIKY FERDIANTO (Tempointeraktif)

    Add to Delicious Digg It!
    I Like It! Tweet It!
    Add to Technorati Add to Facebook!
    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

    Entri Populer

    Pengikut

    LINK EXCHANGE

    blognewspepa.blogspot.com

    Tukeran Link Yuk...!
    Silahkan copy kode di atas...!
    Saya akan segera link balik...!

    Label